Catatan harian si pengembara dalam samsara

Cerita Nyata Hukum Karma


Di Hongkong, ada seorang ibu yang sangat frustasi dengan kehidupan rumah tangganya. Mengapa ? Karena setiap pulang dari kantor, si suami akan menggunakan ikat pinggang untuk memukuli si ibu. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin mereka berdua… dipukul dan memukul.. kejar-kejaran… begitu setiap hari…. sampai bertahun-tahun. Hebat kan ???

Bayangkan.. pernikahan yang harusnya bahagia kini berubah menjadi sarana penyiksaan. Si istri sudah berpikir puluhan kali untuk keluar dari rumah dan tidak kembali lagi, alias pergi selamanya meninggalkan suaminya. Tapi, selalu saja ia pergi untuk kembali lagi karena dia merasa bahwa dia masih sayang kepada suaminya dan berat untuk meninggalkan orang yang dicinta, walaupun ia tidak tahan dengan siksaan dari suami.

Suatu hari, si ibu yang sedang ling lung karena memikirkan kehidupannya.. pergi keluar rumah… dan sampailah ia dalam sebuah vihara. Di vihara itu ada seorang suhu yang bisa melihat kehidupan seseorang di masa lampau.

Ternyata !!! Pada kehidupan masa lalunya… si istri adalah kusir kuda dan si suami adalah kudanya. Karena kuda harus dipecut pada saat berjalan, maka dalam kelahiran sekarang… si kuda dan si kusir menjadi suami istri… di mana si suami selalu memecut istrinya, padahal sebetulnya ia sangat sayang kepada istrinya.

Suhu tersebut mengajarkan si istri supaya sabar, dan bertobat. Akhirnya saat si istri pulang ke rumah, ia melakukan apa yang disuruh oleh suhu tersebut. Saat suami siap memukulnya, si istri tidak berlari.. melainkan berlutut dan beranjali, kemudian berkata, “Suamiku… aku banyak berhutang kepadamu ! Pukullah aku, sampai hutang karma ku lunas. Sekarang aku sudah bertekad untuk tidak membenci kamu.”

Suami bingung melihat perubahan istrinya, dan ia bertanya mengapa si istri tidak berlari. Akhirnya setelah mendengar cerita si istri, si suami juga bertobat dan sejak itu ia tidak lagi memukul istrinya.

Demikianlah…. Semoga kisah ini membuat anda semua selalu memupuk kebajikan sebanyak-banyaknya agar hutang karma di masa lampau dapat segera terlunaskan. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: