Catatan harian si pengembara dalam samsara

Bunga dan Kupu-Kupu


Aku tahu kalian kgak pernah pelihara pohon.. aku juga tahu kalian kgak pernah nyiram bunga.. aku lebih tahu lagi kalo kalian kgak pernah ngerti tentang tanaman… rumput aja kgak tau kapan tumbuhnya apalagi bunga.. iya kan ??? )

Pagi ini aku ketemu satu ekor kupu-kupu… belang-belang.. warnanya hitam, kuning dan putih.. seperti corak batik. Bagus banget… plus bingung juga.. karma apa dulunya yang membuat badan si kupu-kupu jadi berwarna-warni begitu ?? Hiii… kalo udah inget karma.. aku cuma bisa bilang.. Omitohud !!

Yang jadi bahan di sini bukan tentang kupu-kupu kenapa bisa belang-belang warnanya. Yang aku mau bahas di sini.. tentang kedatangannya.. Masalahnya, itu bunga-bunga tumbuhnya di atas dak.. di bangunan yang tingginya lebih dari 10 meter, tiga lantai.. sementara tetangga-tetangga si bangunan… cuma rumah bilik…kalo dibandingin.. 1 : 5 tingginya.

Nah lho.. kok kupu-kupu bisa tahu seh kalo di dak ada banyak bunga ? Kok si kupu-kupu bisa mencium seh kalo di dak ada warna-warni bunga ? Sapa yang kirim sms ke kupu-kupu ? Sapa yang kirim surat atau fax atau e-mail ke kupu-kupu ? Sapa yang tahu kupu-kupu rumahnya di mana ?? Hehehe… Kenyataannya si kupu-kupu tahu dan sudah datang.. dan sedang terbang ke sana ke mari kgak tahu mencari bunga yang bagaimana…

Kalo begitu… kita harus seperti bunga-bunga di dak itu… bukan harum karena kita punya bunga.. tapi harum karena kita berkebajikan. Dan kebajikannya itu sendiri kgak perlu dipromosikan, kgak usah dimasukkin ke koran, kgak usah diumumkan pake speaker, kgak usah diiklankan di TV… orang bisa tahu kok..

Jadi… di manapun kita tinggal.. ada orang atau kgak ada orang, ada teman atau kgak ada teman.. tetaplah berbuat kebajikan…

Ingat lho.. harumnya cendana akan menyebar ke semua arah.. demikian pula mereka yang berbuat kebajikan.. harum kebajikannya akan menyebar ke semua penjuru alam… Svaha !! )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: