Catatan harian si pengembara dalam samsara

Anak-anak Pinggiran Rel KA


Perjalanan KA dari Gambir-Gombong ditempuh dalam waktu lebih dari 7 jam. Selama 7 jam aku baca buku sambil sesekali menikmati pemandangan di luar jendela sana. Sawah yang menghijau.. bukit-bukit yang dari jauh terlihat cantik, sayang beberapa air sungai terlihat tidak ada airnya. Dan aku pun melanjutkan membaca bukuku.

Saat perjalanan pulang Gombong-Jakarta.. berbeda lagi kesan yang kulihat. Senja hari di perjalanan… terlihat anak-anak kecil bermain di petak-petak kecil samping rel kereta api.. ada yang main sepak bola, ada yang main kejar-kejaran, ada yang duduk-duduk mengobrol dengan temannya.. ada yang jongkok mengawasi setiap KA yang lewat… tapi semuanya sama… setiap orang terlihat begitu asyik.

Timbul rasa kasihan yang mendalam… anak-anak sebaya mereka sekarang, tidak seperti waktu aku seusia mereka. Dimana lahan untuk bermain begitu luas. Mau kejar-kejaran ?? Main sepak bola ?? Petak umpet ?? Bulutangkis ?? Wah… banyak lahan..

Tapi sekarang jauh berbeda. Sekarang… di samping tempat anak-anak itu berkejar-kejaran, sampah pun menumpuk begitu tingginya. Bukan sampah baru lho… sampah lama yang tidak lagi terlihat bentuknya, dan bisa kubayangkan seperti apa baunya melihat lalat-lalat beterbangan di sekitarnya. Tapi yang mengharukan… anak-anak dan remaja tetap saja asyik menikmati permainannya seolah tidak mencium bau busuk dari sampah tersebut.

Wahai anak-anak pinggiran rel KA… kebahagiaan kalian yang tersirat saat berlari kesana kemari.. tidak dapat kuungkapkan dengan kata-kata.. semoga kalian menikmati masa kecil kalian sebahagia mungkin.. seperti kami dulu menikmati masa kecil kami di kampung halaman !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: