Catatan harian si pengembara dalam samsara

Seandainya…


Seandainya semua manusia tidak memiliki kebencian, tidak memiliki kemarahan, tidak memiliki kejengkelan, tidak memiliki kekesalan… betapa berbahagianya kita hidup di dunia ini.. karena tidak akan ada permusuhan, tidak akan ada ketidakadilan, tidak akan ada pemerasan yang terjadi..

Seandainya semua manusia tidak memiliki keserakahan, betapa berbahagianya kita hidup di dunia ini.. karena tidak akan ada penyakit, tidak akan ada pencurian, tidak akan ada penyelewengan, tidak ada orang yang selingkuh… semuanya berpuas diri, semuanya berbahagia dengan apa yang menjadi rejekinya saat ini.

Seandainya semua orang tidak memiliki kebodohan bathin, tidak memiliki keakuan, tidak memiliki keangkuhan.. betapa berbahagianya kita hidup di dunia ini. Tidak akan terjadi peperangan, tidak ada keinginan untuk saling menguasai, tidak ada keinginan untuk saling menjatuhkan, tidak ada keinginan untuk saling melukai.. semua orang akan saling menghormati, saling menghargai.. saling mengasihi.

Seandainya semua manusia di dunia ini menjalankan prinsip-prinsip untuk menjadi manusia yang tidak merugikan orang lain, tidak mencelakakan orang lain, tidak menjahati orang lain.. betapa berbahagianya kita hidup di dunia ini.. karena semua orang akan seperti saudara sendiri.. seperti adik sendiri, seperti kakak sendiri, seperti orang tua sendiri, seperti anak sendiri, seperti kerabat sendiri…

Seandainya pikiran-pikiran kita ini semudah itu dikendalikannya… betapa berbahagianya kita hidup di dunia ini.. karena tidak akan pernah terjadi kejahatan, tidak akan pernah terjadi pembunuhan, tidak akan pernah terjadi pencurian, tidak akan pernah terjadi perzinahan, tidak akan pernah terjadi pelecehan seksual.. tidak akan pernah terjadi pergunjingan, gosip-gosip dan fitnahan atau kata-kata kasar yang merugikan orang lain.

Seandainya… hanya seandainya…aku harus memulai dari diriku sendiri. Tidak membenci orang lain, tidak menghina orang lain, tidak merendahkan orang lain, tidak melukai orang lain, tidak mencuri barang milik orang lain, tidak merebut pasangan orang lain, tidak mengatakan yang tidak benar, tidak berpikiran negatif tentang orang lain, tidak iri hati atas keberhasilan orang lain dan selalu ingin berbuat yang baik.. agar orang lain bisa berbahagia, agar orang lain bisa keluar dari penderitaan, agar orang lain tidak lagi terjerumus dalam kejahatan-kejahatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: