Catatan harian si pengembara dalam samsara

Belajar dari Kesalahan


Saat aku tidak tahu apa-apa.. itu artinya aku tidak bisa apa-apa… itu artinya aku tidak memiliki pengetahuan apa-apa.. aku tidak memiliki ketrampilan apa-apa. Aku takut saat aku terjun ke masyarakat.. aku takut dikucilkan, aku takut dimarahi, aku takut gagal, aku takut tidak punya teman lagi, aku takut dibenci semua orang…

Saat pertama kali aku bekerja untuk orang lain.. baru aku sadar.. bahwa aku menjadi orang yang tidak percaya diri.. aku menjadi orang yang tidak berkeyakinan.. menjadi orang yang lemah.. menjadi seperti anak TK yang membutuhkan kehadiran mama di sampingku, yang bisa menenangkan hatiku.. kemudian memeluk aku dan membuatku aman.

Setelah bertemu dengan banyak orang.. berhadapan dengan banyak masalah.. berbenturan dengan banyak peristiwa… sekarang aku sadar.. aku bukan aku yang dulu lagi. Aku yang sekarang adalah aku yang telah tumbuh lebih dewasa, lebih matang, lebih bertanggung jawab dan lebih bisa dipercaya orang lain.

Mengapa kehidupan bisa mengubahku ? Karena aku belajar dari kesalahan diriku sendiri, aku belajar dari kesalahan yang dilakukan seniorku, aku belajar dari kesalahan yang dilakukan direkturku, aku belajar dari kesalahan yang dilakukan orang-orang di bawahku, aku belajar dari kesalahan sistem, aku belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh segala hal.. segala faktor..

Aku belajar dari setiap kesalahan.. karena aku ingin menjadi lebih baik setiap hari.. lebih baik dalam kebijaksanaan, lebih baik dalam kebaikan, lebih baik dalam kesetiaan, lebih baik dalam berusaha, lebih baik lagi dalam belajar, lebih baik lagi dalam segala hal.. karena aku tahu.. kesalahan adalah guru yang paling baik🙂

Comments on: "Belajar dari Kesalahan" (1)

  1. plok plok plok…
    ak jg ingin menjadi lbh bae dlm segala hal..
    ^_________^
    sip deh blog suhu…
    ga salah ak ngfans ma km, suhu..:D:D

Leave a Reply

